Pages

Monday, June 4, 2012

10 KAMPUS TERBAIK SENI DAN DESAIN


Setiap kampus biasanya memiliki program unggulan yang menjadi kebanggan. Tolak ukur fakultas atau program studi (prodi) yang begitu diminati para mahasiswa ini sangat beragam. Mulai dari kualitas materi ajar, tenaga pendidik, serta daya serap lulusan perguruan tinggi tersebut di dunia kerja.

Bagi kamu yang mencintai dunia seni dan desain serta berencana melakukan studi di luar negeri, berikut daftar 10 besar kampus spesialis seni dan desain yang patut menjadi pilihan.

Simak ulasannya berikut ini.

1. Brunel University
Kampus yang dinamakan sesuai perancang Clifton Suspension Bridge, Isambard Kingdom Brunel ini menawarkan prospek kerja terbaik bagi mahasiswa jurusan seni dan desain. Tahun lalu, 75 persen lulusan Brunel University telah bekerja dalam kurun waktu enam bulan setelah lulus. Sebanyak 84 persen mahasiswa tersebut menyatakan puas terhadap jurusan yang ditempuhnya. Selain itu, departemen seni dan desain Brunel University merupakan fakultas yang paling dermawan dengan menghabiskan Rp82 juta per mahasiswa tiap tahunnya.

2. Heriot-Watt University
Para sarjana Heriot-Watt terkenal dengan desain mereka, yakni Nessie, robot dalam air dan pemenang kompetisi MOD untuk menemukan teknologi militer masa depan. Dari 530 mahasiswa jurusan seni dan desain Heriot-Watt tahun lalu, sebesar 72 persen telah mendapatkan pekerjaan dalam kurun enam bulan setelah lulus. Sementara 75 persen dari mereka mengaku puas dengan perkuliahan yang mereka jalani.

3. Ravensbourne University
Ravensbourne merupakan universitas yang spesialis yang memiliki misi untuk kreatif menerapkan teknologi digital untuk desian dan komunikasi. Tahun lalu, tercatat, 67 persen lulusan jurusan seni dan desain dari kampus ini telah bekerja dalam kurun waktu enam bulan setelah kelulusan.

4. Glasgow School of Art
Salah satu institusi kreatif tertua di Inggris ini tahun lalu memproduksi 905 lulusan jurusan seni dan desain. Dari jumlah tersebut, sebesar 66 persen mendapatkan pekerjaan setelah enam bulan lulus. Bagi para pelajar yang berminat untuk menjadi mahasiswa di sini, maka kamu harus memperoleh poin 365 UCAS.

5. University of Huddersfield
Salah satu karya lulusan seni dan desain universitas ini, Martin Jordan, yakni alat pemasang paku atau Nail It berhasil menarik perhatian sebuah perusahaan besar pada pameran nasional. Jordan merupakan representatif dari 61 persen lulusan seni dan desain University of Huddersfield yang bekerja setelah enam bulan lulus.

6. Bournmouth University
Dari 535 mahasiswa seni dan desain yang lulus tahun lalu, sebanyak 61 persen dari mereka bekerja dalam waktu enam bulan setelah menjadi sarjana. Kampus ini juga merupakan salah satu tempat yang paling memuaskan untuk belajar dengan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap materi ajar sebesar 82 persen.

Salah satu alumni Bournmouth University, yakni Rhymes Simon merancang Bulbed Egg Maker saat masih berstatus mahasiswa. Alat yang telah dipatenkan itu dapat menghasilkan telur matang dengan sempurna setiap waktu dengan menggunakan 1/3 energi tradisional diperlukan.

7. Arts University College at Bournemouth (AUCB)
AUCB adalah salah satu dari 15 lembaga pendidikan tinggi di Inggris yang ditujukan semata-mata untuk mempelajari seni, desain, dan media. Tahun lalu, sebesar 60 persen lulusan seni dan desain berhasil masuk ke dunia kerja dalam waktu enam bulan setelah kelulusan. Secara keseluruhan, sebesar 76 persen siswa menyatakan puas dengan perkuliahan yang mereka dapatkan.

8. Edinburgh Napier University
Edinburgh Napier University adalah kampus pertama di Inggris yang menawarkan gelar dengan akreditasi profesional. Sebesar 60 persen lulusan seni dan desain tahun lalu telah mendapat pekerjaan setelah enam bulan meninggalkan kampus.

9. Nottingham Trent University
Jurusan seni dan desain di Nottingham Trent University merupakan tempat kedua terbesar di Inggris dengan menampung sebanyak 2.885 mahasiswa pada tahun lalu. Sebesar 59 persen lulusan pada tahun lalu telah berhasil mendapatkan pekerjaan setalah enam bulan lulus. Sementara tingkat kepuasan perkuliahan mencapai 76 persen.

10. Edinburgh College of Art
Sebesar 57 persen lulusan seni dan desain Edinburgh College of Art tahun lalu berhasil mendapatkan pekerjaan dalam kurun waktu enam bulan setelah meraih gelar sarjana.

0 comments:

Post a Comment