Pages

Wednesday, June 27, 2012

5 ALASAN ANDA HARUS MINUM AIR MINERAL


Air putih sudah tak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan. Tapi apa yang menjadikan minuman yang satu ini begitu penting? Menurut Beth Reardon, direktur bidang nutrisi untuk Duke Integrative Medicine, air dapat mendorong kinerja dasar tubuh.

"Semua sistem dalam tubuh membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik, dan begitu juga dengan 90 persen reaksi kimia dalam tubuh," ujar Reardon.

Oleh karena itu ada baiknya bila Anda mengetahui lima alasan mengapa Anda harus rutin minum air mineral. Seperti yang dikutip dari Caring, ini dia lima alasan tersebut.

1. Mengurangi Stres


Minum air mineral sepanjang hari dapat mengurangi gejala stres seperti sakit kepala, otot tegang, pusing, jantung berdebar, dan menurunnya energi. Kekurangan cairan atau dehidrasi justru akan meningkatkan kadar kortisol --hormon stres. Air tidak akan menghilangkan stres Anda, namun bisa membuat Anda lebih berenergi, membuat napas jadi lebih lambat dan mengurangi ketegangan pada jantung.

2. Menurunkan Berat Badan

Dalam penelitian tahun 2010 pada orang dewasa berusia 55 hingga 75 tahun yang rutin minum 8 gelas air sebelum makan bisa menurunkan berat badan hampir empat kilogram dalam 12 minggu. Menurut peneliti dari Virginia, Amerika, air memiliki sifat yang mengenyangkan, maka Anda tak perlu makan terlalu banyak.

3. Jarang Sakit

Air membuat selaput lendir Anda dalam kondisi terbaiknya. Selaput ini merupakan sistem pertahan alami tubuh untuk mencegah kuman seperti flu dan pilek masuk ke dalam tubuh. Ketika selaput tersebut kering, otomatis kuman dan bakteri akan lebih mudah menembus nofasoring, tempat bertemunya saluran hidung dan mulut.

4. Mengatur Tekanan Darah

Pada 2010, Palang Merah Amerika menemukan, ketika seseorang meminum 16 ons air sebelum mendonorkan darahnya, terdapat penurunan 20 persen pendonor yang pingsan. Air mineral mengaktifkan saraf parasimpatik --sistem tubuh yang membuat Anda lebih waspada-- dan juga meningkatkan tekanan darah serta energi.

5. Membuat Lebih Nyaman

"Termostat internal bekerja lebih baik ketika Anda terhidrasi dengan baik. Air mengatur suhu tubuh," ujar Reardon lagi. Meminum air dingin pada cuaca dingin atau air panas pada cuaca panas, tetap bisa membantu tubuh menyesuaikan suhu di sekitarnya. Hal ini karena adanya persarafan pusat (hypothalamus di otak) yang mengatur dengan baik.

0 comments:

Post a Comment