Pages

Tuesday, June 26, 2012

5 FAKTA MENAKJUBKAN DARI BINTANG NEUTRON

Wow! mungkin itu adalah kata yang pantas untuk mendeskripsikan tentang bintang yang satu ini. Bintang Neutron. Itulah namannya. Bintang yang menarik perhatian para ilmuwan hingga kini karena bintang ini memang sangat ekstrim.


Dan inilah fakta-fakta yang berhasil di gali oleh serupedia.

1. Medan gravitasi yang sangat kuat
Medan gravitasi di permukaan bintang ini berkisar 200 milyar kali lebih kuat dari medan gravitasi di permukaan bumi. Medan gravitasi sebesar ini akan mampu meremukkan benda-benda yang ada dipermukaannya serta atom-atom penyusun benda tersebut. Sebagai gambaran, seseorang yang jatuh ke permukaan bintang neutron akan menabrak permukaannya dengan kecepatan 150.000 km per detik atau energi yang dihasilkan oleh tabrakan tersebut setara dengan 100 megaton ledakan nuklir.

2. Medan Magnet  yang sangat besar
Sebuah bintang neutron dapat memiliki medan magnetik hingga 100 gigatesla. Medan magnet sebesar itu dapat menghancurkan semua informasi di dalam semua kartu kredit yang ada di atas permukaan bumi, jika bintang neutron diletakkan pada orbit bulan. Sebagai perbandingan, medan magnet bumi hanya berkekuatan sekitar 60 mikrotesla.

3. Kerapatan (Massa jenis) yang Berbeda-beda
Jika kita masuk sedikit ke dalam, kita akan menemukan tekanan yang sangat besar, sehingga kerapatannya dapat mencapai 1 ton/cc. Nukleus-nukleus yang lebih berat menghuni daerah ini. Di tempat yang lebih dalam kerapatan menjadi 400.000 ton/cc, suatu keadaan yang memungkinkan netron untuk bebas bergerak mengalir keluar dari nukleus.

Lebih dalam lagi, kita akan menemukan apa yang disebut peneliti sebagai deretan “pasta-antipasta”. Deretan ini dimulai pada kerapatan sekitar 1 juta ton/cc, suatu tempat dimana nukleon-nukleon bergabung mirip seperti “daging-bakso”. Lebih ke dalam lagi kita akan menemui bentuk “lasagna-antilasagna”, “spageti-antispageti”, serta apa yang dinamakan “keju Swiss”. Di tempat yang kerapatannya melebihi 280 juta ton/cc dapat muncul partikel-partikel eksotis seperti kondensat-pion, hiperon-lambda, isobar delta, serta plasma quark-gluon. Meski perkiraan teoretis ini sangat mencengangkan, pengamatan langsung bintang neutron belum sepenuhnya dapat memberi dukungan.

4. Berat satu sendok teh materi dari bintang neutron adalah satu miliar ton.
Dengan diameter sekitar 25 km, seperti ukuran ibukota negara dibumi ini, bintang neutron mempunyai masa yang sangat besar yaitu sekitar 1,4 masa matahari. Dengan gambaran satu sendok teh bagian dari bintang neutron bisa mempunyai masa miliaran ton. Bisa dikatakan bahwa bintang neutron sangat padat.

5. Bintang Neutron adalah akhir dari suatu bintang
Awalnya bintang ini mempunyai masa 4 – 8 lebih besar dari masa matahari, bintang ini mempunyai dua gaya yang seimbang. Yang pertama gaya gravitasi yang cenderung mengerutkan dan yang kedua gaya nuklir yang cenderung mengembangkan, sesudah kehabisan pembakaran pada bahan bakar nuklirnya, dan dilanjutkan dengan terjadinya supernova (ledakan yang sangat besar dengan warna warna yang terang). Sesudah peristiwa supernova hanya ada gaya gravitasi maka bintang ini mengerut menjadi kecil. Proton dan elektron didalamnya bergabung menjadi netron, oleh sebab itu disebut bintang neutron.  

0 comments:

Post a Comment